Ali Nawaz mempelajari tentang industri tekstil di usia yang belia, karena keluarganya menjalankan bisnis industri tekstil.

Beberapa tahun lalu, ia pindah ke Malaysia untuk mengenyam pendidikan tinggi, dan sekitar saat itu ia menjadi semakin menyadari arti dari memiliki sebuah bisnis yang berkelanjutan, dan isu lingkungan yang terjadi seputar industri tekstil.

“Industri tekstil adalah salah satu industri yang menghasilkan sampah terbanyak,” ujar Ali, dan ia pun lanjut menjelaskan tentang bagaimana industri tekstil berkontribusi untuk penurunan kualitas lingkungan dengan menggunakan air, tenaga, dan sumber lainnya untuk memproduksi tekstil.

Melawan industri tekstil tidak akan menghasilkan apa-apa; namun lebih baik jika kita menemukan cara-cara berkelanjutan untuk menjalankan industri ini. Ini adalah arah yang Ali tuju bersama brand pakaiannya, Asquare Men, yang diluncurkan di Malaysia di tahun 2019.

“Produk kami 100% katun,” tambah Ali. “Kami menggunakan kapas stapel sedang, yang kami peroleh dari daerah tertinggal di Pakistan. Kapas mentah tersebut kemudian diproses oleh perusahaan kecil dan menengah lokal, dan dari sana, kami mengolah produk kami di pabrik kami.

Kami mengetahui asal usul produk kami mulai dari biji hingga pembuatan produknya. Dengan ini, kami menciptakan kualitas produk yang terbaik, dan pada saat yang sama, kami mendukung bisnis lokal, terutama bisnis-bisnis di daerah yang kurang berkembang di Pakistan.”

Seluruh kerja keras dan pemikiran yang telah dimasukkan ke dalam produk Asquare Men adalah bagian dari misi perusahaan, yaitu mengikuti 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Namun kami tergolong perusahaan baru, jadi kami masih terus berupaya untuk mencapai SDGs,” jelas Ali. Namun yang jelas, setiap keputusan yang diambilnya untuk bisnisnya selama ini tampak selaras dengan strategi dan upayanya untuk menjadikan perusahaannya sebagai bisnis yang berkelanjutan.

“Cube Self Storage telah sangat membantu dalam awal bisnis kami,” ucap Ali saat kami menanyakan tentang pengalamannya menyimpan barang dengan kami. “Tim Cube memperlakukan kami layaknya keluarga.”

Saat ia mencari fasilitas penyimpanan di Malaysia, Ali sedang mencari perusahaan penyimpanan yang menjalankan bisnis secara paling ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Ia juga mencari sebuah bisnis berkelanjutan yang mendukung usaha kecil lainnya seperti usahanya sendiri, dan itulah awal ia menjadi bagian dari keluarga Cube.

“Faktanya Cube memanfaatkan gedung yang ada dan tidak membangun gedung baru, yang mana dapat menciptakan banyak sampah — sesuai dengan prinsip dan strategi bisnis kami,” tambah Ali.

“Hal ini adalah poin yang sangat menjual untuk kami, dan juga karena Anda fokus pada kebersihan dari fasilitas Anda, operasional, keamanan, dan layanan yang baik… sejujurnya, Cube Self Storage adalah suatu berkat untuk kami.”

Asquare Men dirancang untuk masyarakat Malaysia, itulah sebabnya merek ini dimulai di Malaysia, tetapi mereka menerima pesanan dari mancanegara. Kreasi produk ini merupakan upaya kolaboratif dari beragam kelompok perancang tekstil dan seniman desain grafis.

“Ketika saya berpikir tentang Malaysia, saya berpikir tentang harmoni dan cinta,” kata Ali. “Jadi, kami mencoba untuk menghadirkan harmoni dan cinta melalui produk-produk kami, dan di saat yang sama, melakukannya secara berkelanjutan.”

Sebelum kami mengakhiri percakapan kami di Skype, kami bertanya kepada Ali, “Apa yang Anda lakukan untuk bersenang-senang?”

“Bekerja,” ia tertawa. “Saya juga seorang strategist untuk media sosial. Jadi, saya menghabiskan waktu luang saya untuk mencari ide dan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Tetapi saya juga menghabiskan banyak waktu luang saya dengan keluarga,” ia tersenyum.

Setelah kami mengakhiri panggilan Skype ini, kami terpikir tentang bagaimana para pengusaha kecil seperti Ali mencoba untuk membawa perubahan BESAR untuk memastikan keberlangsungan planet kita.

Kami tersenyum, mengetahui bahwa kami sedang menginkubasi sebuah bisnis yang berkelanjutan yang melakukan hal yang baik untuk planet dan untuk komunitas.

1 sq.ft. Story adalah seri di mana pelanggan Cube Self Storage berbagi pilihan lifestyle, pengalaman, dan cerita yang unik. Lihat postingan Elaine Hong dari ENYA di sini. Jika Anda berkenan untuk ditampilkan, hubungi Tilon di [email protected].