Fashion designer turned entrepreneur Elaine Hong shares how she founded ENYA, a pioneering digital period care company.

Salah satu tugasnya, yaitu menjadi sumber bahan dan kain, membuatnya jatuh cinta dengan tekstil, dan ia menjadi bersemangat dengan bagaimana tekstil memperngaruhi kehidupan dan kulit kita.

Di suatu Kamis pagi di bulan Agustus, Elaine mendatangi Cube Self Storage untuk mengakses penyimpanannya, kami mulai bercengkrama tentang perusahaannya, ENYA, dan misi yang diusung perusahaannya dan usahanya memecahkan masalah menstruasi. Ini adalah kisah 1 sq. ft. Story dari Elaine Hong dan ENYA.

Bagaimana Anda Mendapatkan Ide untuk Enya Pads?

Seorang mitra bisnis dan saya sedang berada di dalam mobil saat kami berbicara tentang model bisnis berlangganan. Kami memiliki bisnis model berlangganan di Malaysia sekarang, tetapi kebanyakan dari mereka adalah non-fisik, seperti layanan streaming hiburan.

Jadi, ketika kami memikirkan potensi produk fisik yang cocok untuk dijadikan model bisnis berlangganan, kami berdua langsung memikirkan tentang pembalut. Wanita membutuhkan pembalut setiap bulan, dan merupakan hal yang masuk akal bagi kami untuk memulai bisnis berlangganan terkait kebutuhan ini.

Setelah pembicaraan itu, saya mulai melakukan penelitian tentang bahan baku pembalut. Ternyata kapas organik sangat cocok dan memiliki banyak manfaat, terutama untuk wanita dengan kulit sensitif seperti saya.

Sebelumnya, saya akan mengalami iritasi dan ruam karena bahan yang digunakan dalam pembalut yang sudah ada. Ini sangat tidak nyaman, dan saya akhirnya menghabiskan banyak biaya untuk berkonsultasi dengan ginekolog.

Pembalut kapas organik adalah solusi untuk saya, dan Anda bisa mendapatkannya di toko-toko kesehatan di Malaysia, namun harganya mahal. Jadi, kami mulai melakukan survei untuk mengumpulkan data tentang pengalaman periode menstruasi, masalah, dan juga untuk mengetahui seperti apakah wujud pembalut yang ideal.

Berdasarkan informasi yang telah kami himpun, kami bekerjasama dengan para ahli dari industri untuk merancang pembalut ENYA. Pembalut kami dirancang untuk konsumen. Sebagian besar bisnis biasanya membuat produk, dan kemudian meyakinkan konsumen bahwa mereka membutuhkan produk tersebut.

Untuk ENYA, kami bekerja sebaliknya, kami mendengarkan kebutuhan konsumen kami dengan cermat, dan kemudian kami membuat produk berdasarkan kebutuhan mereka — dengan cara itu kami dapat menyediakan apa yang dibutuhkan dan menyelesaikan masalah menstruasi pada saat yang bersamaan.

Bagaimana Cara Lain Anda Menjangkau Audiens Anda?

Selain pembalut ENYA kami, kami juga ingin menciptakan ruang publik yang aman bagi semua orang untuk membicarakan tentang menstruasi dan kesehatan menstruasi. Sejuah ini, kami melakukannya melalui media sosial.

Saya pikir orang Malaysia sekarang menjadi lebih liberal, terutama ketika berbicara dan mendiskusikan kesehatan menstruasi sampai tahap membagikan pengalaman pribadi. Saya ingat sebuah komentar di media sosial mengatakan,

“Saya berusia tiga belas tahun ketika saya mengalami menstruasi pertama saya. Saat itu saya tidak tahu apa yang sedang terjadi. Saya pikir saya menderita kanker dan akan mati.”

Anda akan terkejut melihat betapa terbukanya setiap orang untuk berbagi pengalaman menstruasi pribadi mereka. Beberapa akan bercanda tentang hal itu, yang saya suka karena kita tidak bisa begitu serius sepanjang waktu.

Jadi, saya bisa mengatakan bahwa menstruasi bukan lagi topik yang tabu. Kita bisa membicarakannya, dan kita seharusnya bisa membicarakannya dengan bebas. Platform media sosial kami mendorong pembicaraan dan diskusi yang sehat seputar menstruasi dan pembalut.

Bagaimana Anda Mengelola Pembiayaan Anda?

Secara resmi, ENYA berdiri pada tahun 2019. Awalnya kami memiliki sebuah kantor dan ruang penyimpanan, tetapi secara keuangan sangat sulit karena kami masih baru dan belum memantapkan diri. Jadi, kami mencari solusi alternatif dan menemukan Cube Self Storage. Cube membantu kami mengelola biaya penyimpanan untuk produk-produk kami.

Selama setahun kami bersamasama dengan Cube, kami telah menambah dan mengurangi ruang penyimpanan kami mengikuti tingkat stok kami. Hal ini memungkinkan kami untuk menghemat biaya dan hanya menggunakan ruang yang kami butuhkan.

Selain itu, kami tidak perlu khawatir tentang kerusakan karena lingkungan yang dikendalikan oleh iklim dan keamanan yang disediakan di Cube Self Storage.

Nasihat Apa yang Akan Anda Berikan Untuk Pengusaha Wanita Masa Depan?

Jika Anda berminat untuk memulai bisnis atau mengeksplor ide bisnis—silakan saja. Ketika saya ingin melakukan sesuatu, saya tidak terlalu memikirkannya; Saya akan melakukan penelitian, memahami risikonya, imbalannya, dan mengerahkan seluruh kemampuan saya.

Juga, jangan asal meminta nasihat dari orang-orang karena terkadang nasihat orang dapat mendemotivasi Anda untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Jadi, jika Anda ingin memulai usaha, lakukan saja, tetapi pastikan Anda tahu mengapa Anda ingin melakukannya sejak awal.

Tujuan kami mendirikan ENYA tidak semata-mata untuk uang; kami ingin memecahkan masalah yang belum terselesaikan yang telah lama ada. Jadi, temukan niat Anda untuk usaha Anda, dan lakukan saja.

1 sq.ft. Story adalah sebuah rangkaian di mana pelanggan Cube Self Storage berbagi pilihan gaya hidup yang unik, pengalaman dan kisah. Untuk memuat cerita dan usaha Anda, hubungi kami!

Oleh Tilon Sagulu