Tinggal di Malaysia, kita cukup beruntung untuk dapat merasakan berada di tengah masyarakat multikultural. Masyarakat di mana seni, budaya dan tradisi mengalir dalam.

Di bulan Merdeka ini, kami berkesempatan untuk berbincang dengan dua sosok ternama di dunia musik dan tari klasik India. Mereka tidak lain adalah Apsara dan Ram Gopal, pasangan suami istri yang mendirikan KSHETRA ACADEMY – di Section 10, Petaling Jaya.

Akademi ini terfokus untuk mengajarkan tarian klasik India. Tempat ini terletak di Section 10, Petaling Jaya.

“Dulu kami mengadakan kelas di teras rumah kami, namun karena pandemi dan MCO, kami terpaksa mengadakan kelas secara daring untuk 35 murid kami.” jelas Ram.

Bagaimana semua bermula

Ram dan Apsara senada dalam irama dan tarian. Ram memainkan mridangam sementara Apsara menceritakan kisah melalui gerakan tarian elegannya. Pasangan ini sangat ramah dan cerdas. Apsara berasal dari India namun kini penduduk permanen Malaysia, dan Ram adalah orang Malaysia. “Saya berasal dari Serdang tapi saat ini sudah menjadi penduduk Petaling Jaya untuk beberapa dekade.” kata Ram.

Orang tua Apsara dan Ram juga penari. Jadi, mewariskan talenta ini sangat alami karena mereka membawa tradisi keluarga mereka.

Bagikan kepada kami cerita tentang KSHETRA ACADEMY.

“Kami memulai Kshetra Academy segera setelah pernikahan kami tahun 1992. Berawal dari satu orang murid, segera setelah itu tersebar kabar dan orang-orang di pertetanggaan kami mengetahui perihal sanggar kami. Murid-murid pertama kami kebanyakan berasal dari sekitar tempat tinggal kami.” kata Ram.

Ia melanjutkan, “Keberadaan sanggar tari kami disebarkan murni melalui perkataan orang. Kami dulu maupun saat ini tidak pernah secara aktif mengiklankan kelas-kelas dan di sana tidak ada internet atau jejaring sosial di awal tahun 90an. Sekarang kami hanya memiliki murid generasi kedua – yaitu artinya anak-anak dari batch awal murid kami.”

“Setiap pertunjukan tahunan yang telah kami selenggarakan merupakan pengalaman yang berkesan. Tetapi, jika diminta memilih satu, kami akan memilih saat sanggar kami ditunjuk oleh Kementerian Luar Negeri, Pemerintah India, untuk mewakili Malaysia pada Silver Jubilee (ulang tahun ke-25) India – Konferensi ASEAN International Ramayana Festival di New Delhi. Acara ini diselenggarakan tahun 2018 di mana murid-murid kami menerima tepuk tangan meriah di akhir pertunjukan.” ujar Ram.

Sungguh kisah yang sukses!

Mengapa Anda memilih Cube Self Storage?

“Selama 30 tahun sanggar tari kami berdiri, kami memiliki segudang perlengkapan tari, terdiri atas kostum, aksesoris, properti, peralatan audio dan video, dan material lainnya untuk digunakan dalam pertunjukan dan aktivitas sanggar tari kami. Oleh karena itu, merupakan sebuah keharusan untuk mencari solusi penyimpanan yang cocok untuk menampung inventori kami yang terus berkembang.” jelas Ram.

Apa saja kebutuhan penyimpanan Anda, dan bagaimana pengalaman Anda dengan Cube?

“Sejujurnya, awalnya kami cukup ragu untuk meletakkan seluruh barang-barang kami di penyimpanan yang terpisah. Kami berbicara tentang 30 tahun kerja keras dan akumulasi berbagai material yang dengan hati-hati dikumpulkan, dengan biaya, waktu dan permasalahannya. Lebih lanjut, barang-barang seperti kostum, mahkota dan properti lebih banyak yuang bersifat custom-made dan tidak dapat dibeli dari toko. Kami perlu meyakini keamanan, keselamatan dan aksesibilitas dari penyimpanannya. Harga dan fleksibilitas ruangan tentu menjadi pertimbangan yang besar.” kata Ram.

Di sinilah Cube Self Storage menjadi pilihan solusi penyimpanan mereka. Di sini, kami tidak hanya menyediakan keamanan dan aksesibilitas, tapi juga membantu pelanggan dalam hal penghematan biaya dan fleksibilitas pilihan penyimpanan.

Bagaimana orang-orang dapat menemui Anda?

Publik dipersilakan untuk mengunjungi dan melihat halaman Facebook kami pada https://www.facebook.com/kshetraacademy.

Di sana terdapat informasi terkait sanggar kami, termasuk foto dan video dari produksi kami yang telah lalu.

Bersamaan dengan Hari Merdeka yang ke-64, Ram Gopal dan Apsara juga memiliki ucapan untuk warga Malaysia. “Salam untuk Malaysia yang DAMAI, HARMONIS dan SEHAT.”

Baik sekali!

Semoga kita semua dapat selalu harmonis dan sehat di tahun-tahun mendatang. Selamat Hari Merdeka!